Minggu, 11 Desember 2016

Menyembunyikan / Hidden File ke Dalam Sebuah Foto



Kali ini saya akan memberikan sebuah trik untuk menyembunyikan file ke dalam sebuah foto.

Menyembunyikan file ke dalam sebuah gambar/foto juga disebut dengan istilah "Steganography". Sebuah teknik yang dapat kita gunakan dalam pertukaran data di dunia internet tanpa menggunakan metode enkripsi maupun deskripsi.

Yang sebenarnya terjadi adalah kita menempelkan file tersebut dengan sebuah gambar/foto. File tersebut akan disembunyikan dalam sebuah file foto yang sudah kita siapkan. Dan hal ini dapat menambah nilai proteksi file tersebut.
Hebatnya adalah saat kita membuka file foto tersebut akan terbuka seperti foto biasa, padahal sebenarnya di foto tersebut terdapat file tersembunyi, hanya saja jika kita lebih teliti, file foto tersebut mempunyai kapasitas yang lebih besar dibanding file gambar aslinya.

Lalu bagaimana cara menyembunyikan file dalam sebuah foto? Let's cekidotkidot.. 


Langkah pertama, buat folder baru, saya akan mencontohkan membuat folder baru di direktori "D:" dan saya beri nama "aliens" (D:\aliens)
Setelah folder tersebut dibuat, masukan file yang akan kamu sembunyikan ke dalam folder tersebut. Disini saya memasukan 3 buah file lagu sebagai contoh.



Kedua, buat archive file-file tersebut kedalam bentuk ".zip". Caranya : Block ke 3 file tersebut, lalu klik kanan, pilih "add to archive..." 
 NB : Jika tidak ada pilihan "add to archive..." saat di klik kanan, berarti kamu musti install 'Winrar' terlebih dahulu.





Pilih ZIP, centang "delete files after archiving", dan ubah nama menjadi "aliens.zip", lalu klik OK.




Maka kamu akan menjumpai file "aliens.zip" pada direktori "D:\aliens"




Ketiga, pilih sebuah foto yang akan kita gunakan untuk menyembunyikan file "aliens.zip" diatas. Contoh kita ambil foto bernama "usuze.jpg".



Kita lihat di atas file "usuze.jpg" hanya memiliki size 4.39MB.
Keempat, tahan tombol Shift pada keyboard anda sambil klik kanan pada mouse, dan pilih "Open command window here". Maka akan terbuka jendela Command Prompt


 Kelima, Setelah jendela Command Prompt terbuka, ketikan perintah untuk menyembunyikan file "aliens.zip" tersebut kedalam foto "usuze.jpg". Caranya ketik: "copy /b usuze.jpg+aliens.zip usuze.jpg" tanpa tanda petik. Lalu tekan Enter.

Jika berhasil, akan keluar tulisan "1 file(s) copied." seperti gambar di atas.


Keenam, Jika semuanya langkah berjalan dengan benar, maka file "aliens.zip" tersebut sudah masuk kedalam file foto "usuze.jpg". Coba anda periksa gambar tersebut dan cek besar kapasitas filenya, maka gambar tersebut mempunyai kapasitas yang lebih besar daripada sebelumnya, karena file foto tersebut telah diisi dengan file aliens.zip tadi.

Lalu bagaimana cara kita membuka file aliens.zip yang tertanam pada file foto (usuze.jpg) tersebut?
Caranya, kita tinggal ubah extensi file "usuze.jpg" (rename) menjadi >> "usuze.zip" . 



Setelah extensinya berubah, buka file tersebut dan Tharaaaaaaaa.... di dalamnya terdapat file-file yang tadi kita sembunyikan.
Untuk mengeluarkan file-file tersebut tinggal pilih "Extract to", dan jika ingin merubahnya menjadi bentuk foto lagi, tinggal ubah extensi (rename) ke bentuk .JPG lagi..

Sekitan trik menyembunyikan file kedalam sebuah foto dari saya, semoga membantu ^_^.

0 Comment: