Minggu, 11 Desember 2016

Mengatasi GPT Partition Style Saat Install Ulang Windows

Pernah gak waktu lagi install ulang Windows muncul pesan "Windows can't be installed on drive 0 (show details)" dan ketika kita klik show detail isinya "Windows cannot be installed to the disk. The disk is of the GPT partition style"
Kalau kamu pernah mengalaminya, berarti selamat! laptop kamu termasuk laptop keluaran baru. hahaha :D belum tentu deng..




GPT (Guide Partition Table) merupakan format partisi harddisk yang baru - baru ini muncul, jadi jika kita mau menginstal ulang OSnya, kita harus merubah format disk dulu caranya seprti berikut:

1. Sebaiknya kamu backup dulu semua data yang ada di hardisk tersebut, karena untuk menghapus GPT partition style ini syaratnya disk harus di-Clean (dikosongkan) dan nantinya akan dipartisi ulang. Jadi mending itu harddisk klo udah gak ada OS nya dicopot, terus backup ke PC temen / warnet dulu. Atau ikhlasin semua data yang ada di HDD tersebut :D

2. Kemudian masuk BIOS dan ganti boot mode UEFI menjadi CSM boot atau Legacy

3. Masukan CD Installer Windows, setelah muncul jendela welcome instalasi, tekan tombol Shift dan F10 pada keyboard secara bersamaan

4. Akan muncul tampilan cmd, lalu ketik "diskpart".

5. Setelah tulisan diskpart keluar, ketik "list disk" untuk menampilkan daftar disk.
Lihat disk yang ada tanda * pada kolom GPT (artinya disk tersebut menggunakan format gpt)


 
6. Pada contoh diatas, ada 2 harddisk yang terpasang dan disk yang menggunakan fortmat GPT adalah disk 0.
Untuk menghapus GPT partition style di disk 0, ketik "select disk=0

 
7. Setelah muncul tulisan "Disk 0 is now the selected disk" kemdudian kita ketik "clean". Tunggu sampai proses selesai kemudian restart.

8. Done!! Laptop / Desktop kamu siap untuk di install ulang \m/
Demikian cara mengatasi GPT Partition style ketika instal ulang windows. Semoga bermanfaat :)

0 Comment: